RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan
|
:
|
: SMK Al – Ihya Selajambe Kuningan
|
Kelas/Semester
|
:
|
: XI / Semester 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
: Rancang Bangun
Jaringan
|
AlokasiWaktu
|
:
|
: 4 JP (4x45 Menit)
|
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
2.1. Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.2. Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
2.3. Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari Indikator
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.2. Memahami penyambungan
internet melalui ISP
3.2.1 Menjelaskan
pengiriman informasi melalui internet
3.2.2 Mengemukakan
peralatan pada pusat operasi jaringan
3.2.3 Menjelaskan
konektor dan kabel
3.2.4 Mencontohkan
kabel pasangan terjalin (twisted pair)
4.2. Menyajikan penyambungan
internet melalui ISP
4.2.1 Mengimplementasikan
pengiriman informasi melalui internet
4.2.2 Menerapkan
peralatan pada pusat operasi jaringan
4.2.3 Menerapkan
konektor dan kabel
4.2.4 Mengimplementasikan
kabel pasangan terjalin (twisted pair)
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
pengamatan peserta didik mampu menjelaskan pengiriman informasi melalui
internet dengan percaya diri dan bertanggung jawab
2.
Melalui
diskusi peserta didik mampu mengemukakan peralatan pada pusat operasi jaringan
dengan percaya diri dan bertanggung jawab
3.
Melalui
diskusi peserta didik mampu menjelaskan
konektor dan kabel dengan percaya diri dan bertanggung jawab
4.
Melalui
pengamatan peserta didik mampu mencontohkan kabel pasangan terjalin (twisted
pair) dengan percaya diri dan bertanggung jawab
5.
Melalui
demonstrasi peserta didik mampu mengimplementasikan pengiriman informasi
percaya diri dan bertanggung jawab
6.
Melalui
praktek peserta didik mampu menerapkan peralatan pada pusat operasi jaringan
dengan percaya diri dan bertanggung jawab
7.
Melalui
praktek peserta didik mampu menerapkan konektor dan kabel dengan percaya diri
dan bertanggung jawab
8.
Melalui
praktek peserta didik mampu mengimplementasikan kabel pasangan tejalin (twisted
pair) dengan percaya diri dan bertanggung jawab
D. Materi
Pembelajaran
1.
Pengiriman informasi melalui Internet
2.
Peralatan
pada pusat operasi jaringan
3.
Konektor
dan kabel
4.
Kabel
pasangan terjalin (twisted pair)
E. Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
·
Pendekatan
: Saintifik
·
Model
Pembelajaran : Inquiry
·
Metode :
Paparan, Diskusi, Tanya Jawab, dan terbimbing
F.
Alat, Bahan, Media, dan Sumber Belajar
·
Alat : Modem, Switch, Router, dan Akses Point
·
Bahan : Kabel UTP dan Konektor Rj 45
·
Media : LCD Projektor, Laptop, dan Bahan Tayang
·
Sumber Belajar : Buku dan Internet
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi, motivasi dan apersepsi
·
Ketua kelas memimpin do’a pada saat
pembelajaran akan dimulai
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang
harus dicapai peserta didik baik berbentuk pengetahuan maupun keterampilan
·
Menjelaskan pendekatan dan model
pembelajaran yang digunakan serta metodanya
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Orientasi masalah
Guru menayangkan video
pengiriman informasi melalui internet , peralatan pada pusat operasi
jaringan, dan konektor dan kabel
Peserta didik memperhatikan video
pengiriman informasi melalui internet, peralatan pada pusat operasi jaringan,
dan konektor dan kabel
Peserta didik bertanya kepada dirinya, teman atau gurunya berkaitan
pengiriman informasi melalui internet , peralatan pada pusat operasi
jaringan, dan konektor dan kabel
2.
Pengumpulan data dan
verifikasi
Guru mendorong peserta didik
untuk mengumpulkan informasi tentang konektor dan kabel serta kabel pasangan
terjalin (twisted pair)
Peserta didik secara kelompok
berdiskusi membahas tentang konektor dan kabel serta kabel pasangan terjalin
(twisted pair)
Peserta didik secara individu menggali informasi tentang pengiriman
informasi melalui internet, peralatan pada pusat operasi jaringan, konektor
dan kabel, serta kabel terjalin (twiested pair)
Peserta didik berdiskusi memverifikasi
pengiriman informasi tentang pengiriman informasi melalui internet, peralatan
pada pusat operasi jaringan, konektor dan kabel, serta kabel terjalin
(twiested pair)
3.
Pengumpulan data melalui
eksperimen/mencoba
Guru menugaskan kepada peserta
didik untuk bereksperimen pengiriman informasi melalui internet dan peralatan
pada pusat jaringan operasi
Peserta didik melakukan eksperimen
pengiriman informasi melalui internet dan peralatan pada pusat jaringan
operasi
Peserta didik memberikan pendapat
berkaitan dengan bereksperimen pengiriman informasi melalui internet dan
peralatan pada pusat jaringan operasi
4.
Pengorganisasian dan
formulasi eksplanasi
Guru menugaskan revisi
pengiriman informasi tentang pengiriman informasi melalui internet, peralatan
pada pusat operasi jaringan, konektor dan kabel, serta kabel terjalin
(twiested pair
Peserta didik merevisi pengiriman
informasi tentang pengiriman informasi melalui internet, peralatan pada pusat
operasi jaringan, konektor dan kabel, serta kabel terjalin (twiested pair)
Peserta didik mempresentasikan/
memaparkan hasil pengiriman informasi tentang pengiriman informasi melalui
internet, peralatan pada pusat operasi jaringan, konektor dan kabel, serta
kabel terjalin (twiested pair)
Peserta didik memberi masukan
Peserta didik menerima masukan
5.
Analisis proses inquiry
Guru menugaskan peserta didik
untuk menyempurnakan hasil pengiriman informasi tentang pengiriman informasi
melalui internet, peralatan pada pusat operasi jaringan, konektor dan kabel,
serta kabel terjalin (twiested pair)
Peserta didik menyimpulkan pengiriman informasi tentang pengiriman
informasi melalui internet, peralatan pada pusat operasi jaringan, konektor
dan kabel, serta kabel terjalin (twiested pair)
Peserta didik mensimulasikan pengiriman
informasi tentang pengiriman informasi melalui internet, peralatan pada pusat
operasi jaringan, konektor dan kabel, serta kabel terjalin (twiested pair)
|
135 Menit
|
Penutup
|
Rangkuman,
refleksi, tes, dan tindak lanjut
·
Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih
ragu dan melaksanakan evaluasi
·
Guru
membantu peserta didik untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga
informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
·
Guru
melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis dengan waktu maksimal
20 menit, dan seluruh peserta didik mengerjakan tes tertulis.
·
Guru
memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
·
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan
diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh ketua kelas
|
30 Menit
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
1. Penilaian Ranah Sikap
a. Instrumen Penilaian
LEMBAR PENILAIAN ASPEK SIKAP
NO
|
NAMA SISWA
|
RASA INGIN TAHU
(1-4)
|
CERMAT
(1-4)
|
TELITI
(1-4)
|
TEKUN
(1-4)
|
PERCAYA DIRI
(1-4)
|
TANGGUNG JAWAB
(1-4)
|
NILAI AKHIR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik Penilaian
Peserta
didik memperoleh skor:
4 =
jika empat indikator terlihat
3 =
jika tiga indikator terlihat
2 =
jika dua indikator terlihat
1 =
jika satu indikator terlihat
Indikator Penilaian Sikap:
Rasa Ingin Tahu
1) Antusias
mencari jawaban
2) Perhatian
pada obyek yang diamati
3) Antusias
pada proses Sains
4) Menanyakan setiap langkah
kegiatan
Cermat
1) Mengerjakan tugas dengan hati-hati
2) Berhati-hati dalam melaksanakan
tugas
3) Tidak terburu-buru dalam
melaksanakan tugas
4) Berusaha untuk mencari titik permasalahan jika terjadi error
Teliti
1) Mengerjakan tugas dengan teliti
2) Berhati-hati dalam melaksanakan tugas
3) Tidak terburu-buru dalam melaksanakan tugas
4) Berusaha untuk mencari titik permasalahan jika terjadi error
Tekun
1) Menyukai tantangan
2) Giat dalam mengerjakan tugas dan
belajar
3) Pantang menyerah dalam menghadapi
kesulitan
4) Berusaha menjadi lebih baik
Percaya Diri
1) Mampu melakukan presentasi di depan umum
2) Mengemukakan
pendapat
3) Berani
bertanya
4) Menjawab
pertanyaan
Tanggung
Jawab
1) Pelaksanaan tugas piket secara teratur
2) Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi
kelompok
3) Mengajukan usul pemecahan masalah
4) Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Nilai akhir sikap
diperoleh berdasarkan modus (skor yang sering muncul) dari keempat aspek sikap
di atas.
Kategori nilai
sikap:
Sangat baik : apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik : apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup : apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang :
apabila memperoleh nilai akhir 1
2. Ranah
Pengetahuan
·
Kisi-kisi
soal
·
Soal
·
Kunci
jawaban
·
Rubrik/kriteria
·
Indikator
·
Pengolahan
Nilai
Kisi-Kisi
dan Soal
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
3.2 Memahami penyambungan internet melalui
ISP
|
3.2.1 Menjelaskan
pengiriman informasi melalui internet
3.2.2 Mengemukakan
peralatan pada pusat operasi jaringan
3.2.3 Menjelaskan
konektor dan kabel
3.2.4 Mencontohkan
kabel pasangan terjalin (twisted pair)
|
1. Siswa
dapat menjelaskan pengiriman informasi melalui internet
2. Siswa
dapat mengemukakan peralatan pada pusat operasi jaringan
3. Siswa
dapat menjelaskan konektor dan kabel
4. Siswa
dapat mencontohkan kabel pasangan terjalin (twisted pair)
|
Tes Tertulis
|
1.
Jelaskan
proses pengiriman informasi melalui internet !
2.
Sebutkan
peralatan yang digunakan pada pusat operasi jaringan ISP !
3.
Tuliskan perbedaan antara router dan switch !
4.
Sebutkan
jenis-jenis kabel dan konektor !
5.
Sebutkan
urutan warna kabel terjalin (twisted pair) straight!
|
Kunci Jawaban
Soal
1.
Proses
pengiriman informasi melalui internet
Jawabannya
:
Pertama-tama, komputer akan
mengirim pak data yang dibungkus oleh TCP. TCP bekerja pada transport layer
pada OSI model. Fungsi dari TCP sendiri adalah untuk pengiriman data secara
conection oriented, mencegah duplikasi data, congestion control dan flow
control. Lalu data diberikan header oleh tiap header yang digunakan.
Kendaraan berisi informasi kemudian
pergi ke keluar menelusuri jalan menuju alamat yang dituju. Dalam pengiriman
informasi media kabel ini karena hanya ada satu jalur yang tersedia maka tiap
computer akan menggunakannya secara bergantian untuk mencegah collision data.
Oleh karena itu ada sebuah fungsi yang digunakan untuk mendengarkan saluran,
sehingga perangkat akan menunggu saluran sampai kosong sebelum informasi
dikirim.
2.
Peralatan
pada pusat operasi jaringan
Jawabannya
:
·
Modem
adsl
·
Cisco
Router / PC Router
·
Switch
·
Akses
Point
3.
Router : menghubungkan
antara 2 atau lebih jaringan untuk
meneruskan data dari jaringan satu ke jaringan yang lain.
Switch :
menghubungkan 2 komputer atau lebih
dalam jaringan yang sama
4.
Jenis-jenis
kabel dan konektor
Jawabannya
:
Kabel
:
·
Coaxial
·
Fiber
Optik
·
Twisted
Pair (UTP dan STP)
·
Konektor
·
RJ45
·
BNC
5.
Urutan
warna kabel terjalin (twisted pair)
Urutan Ujung A
1.
Putih Orange
2.
Orange
3.
Putih Hijau
4.
Biru
5.
Putih Biru
6.
Hijau
7.
Putih Coklat
8.
Coklat
Urutan Ujung B
1.
Putih Orange
2.
Orange
3.
Putih Hijau
4.
Biru
5.
Putih Biru
6.
Hijau
7.
Putih Coklat
8.
Coklat
|
Rubrik penilaian pengetahuan
NO
|
NAMA
SISWA/KELOMPOK
|
SKOR SETIAP NO SOAL
|
NILAI
|
||||
NO
1
|
NO
2
|
NO
3
|
NO
4
|
NO
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator penilaian
pengetahuan
1.
Proses
pengiriman informasi melalui internet
a.
Jika
menjawab secara lengkap penjelasannya skor 4
b.
Jika
menjawab secara kurang lengkap penjelasannya skor 3
c.
Jika
menjawab tidak lengkap penjelasannya skor 2
d.
Jika
tidak menjawab penjelasannya skor 1
2.
Peralatan
pada pusat operasi jaringan
a.
Jika
menjawab 4 peralatan dengan benar skor 4
b.
Jika
menjawab 3 peralatan dengan benar skor 3
c.
Jika
menjawab 2 peralatan dengan benar skor 2
d.
Jika
menjawab 1 peralatan dengan benar skor 1
3.
Perbedaan router
dan switch
a.
Jika
4
kata kunci terjawab
b.
Jika
3
kata kunci terjawab
c.
Jika
2
kata kunci terjawab
d.
Jika
1
kata kunci terjawab
4.
Jenis-jenis
kabel dan konektor
a.
Jika
menjawab 3 jenis kabel dan 2 jenis konektor skor 4
b.
Jika
menjawab 2 jenis kabel dan 2 jenis konektor skor 3
c.
Jika
menjawab 2 jenis kabel dan 1 jenis konektor skor 2
d.
Jika
menjawab 1 jenis kabel dan 1 jenis konektor skor 1
5.
Urutan
warna kabel terjalin (twisted pair) straight !
a.
Jika menjawab 8 urutan warna dengan
benar skor 4
b. Jika menjawab 6 urutan warna dengan benar
skor 3
c. Jika menjawab 4 urutan warna dengan benar
skor 2
d. Jika menjawab 2 urutan warna dengan benar
skor 1
Jumlah skor
yang diperoleh
Rumus
pengolahan
nilai adalah : Nilai =
x 4 =……….
Jumlah skor
maksimal
3. Penilaian
Ranah Keterampilan
KD 4.2 Menyajikan penyambungan
internet melalui ISP
Indikator
pencapaian kompetensi
4.2.1. Mengimplementasikan
pengiriman informasi melalui internet
4.2.2. Menerapkan
peralatan pada pusat operasi jaringan
4.2.3. Menerapkan
konektor dan kabel
4.2.4. Mengimplementasikan
kabel pasangan terjalin (twisted pair)
NO
|
NAMA SISWA
|
Kabel UTP Straight
|
Kabel UTP Cross
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator
penilaian keterampilan
1.
Kabel
UTP Straight
-
Jika
indikator lampu 1-8 menyala untuk konektor A sama dengan B sesuai dengan
standar
-
Kabel
pembungkus masuk kedalam konektor
-
Semua
tembaga kabel utp terlihat dari depan konektor
2.
Kabel
UTP Cross
-
Jika
indikator lampu 1-8 menyala untuk konektor A silang dengan B sesuai dengan
standar
-
Kabel
pembungkus masuk kedalam konektor
-
Semua
tembaga kabel utp terlihat dari depan konektor
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = x 4 =
Jumlah
skor maksimal
Keterangan
4
= Jika 3 indikator dilakukan
3
= Jika 2 indikator dilakukan
2
= Jika 1 indikator dilakukan
1
= Jika tidak ada indikator dilakukan
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Nurul Iman H.A, S.Ag.,M.Si
NIP. -
|
Guru Mata
Pelajaran
Sri Kartika, S.Pd.I
NIP. -
|
1 comments:
makasih kak, kalo boleh ada lengkap full selama 1 semester ga?
Post a Comment